welcome..!! thank you for your goodness to visit my blog! don't forget to follow this site! and leave some words and your link..insha Allah I'll follow yours back..

aku dan mujahadahku,,,,,,,

bismillahirrahmanirrahim,,,
alhamdulillah,,, aku masih diberi kekuatan dan kebolehan untuk menulis untuk saat ini,,,,
sesungguhnya,,,, Allahlah yang Maha Penyayang lagi Maha Pemurah,,,,,
tapi adakah aku sebagai hamba Nya yang terus dikurniakan nikmat,,, akan terus berlaku setia pada Nya,,,, tanpa melakukan sebarang cela,, yakni dosa dan maksiat,,,, jelas sekali aku tidak mampu untuk itu,,,, aku tidak bisa setia dengan setulusnya,,,,, mengapa begitu ye,,,??? tentu sekali kerana fitrahku,,, yang sentiasa terlekat dengan sejuta kelemahan dan secebis kelebihan,,,, kelemahan aku itu tidak akan membuatkan aku tetap dengan taqarrub billah,,,,,, tapi tidak seharusnya aku bersedih kerana kekurangan dan kelemahan itu,,,, kerana Allah tidak memandang kekurangan diri manusia,,, tetapi Allah memandang dan menilai sejauh mana hambaNya,, bermujahadah untuk merebut taqarrub bihi mardhotihi,,,,, ingatlah,,,, kelemahan itu bukanlah untuk menghalang diri kita untuk menjadi sempurna semata,,, tetapi untuk menambah ketaatan dan tawadhuk dalam jiwa insan,,,kepada Tuhannya,,,, serta supaya jauh dari takabbur dan ujub yang menjauhkannya dari rahmat dan keredhaan Allah,,,,








Kelemahan-kelemahan Manusia dalam Pandangan Al-Quran

Allah Swt di dalam al-Quran menyebut manusia sebagai maujud yang mulia dan tinggi, namun di sisi lain Allah juga mencela manusia dengan menyebutkan kelemahan-kelemahannya. Berikut ini saya akan menyebutkan sebagian darinya:


1. Lupa Tuhan
Sudah merupakan tabiat manusia manakala ditimpa kesusahan dan kesulitan dia berdoa dan memohon kepada Allah Swt supaya diangkat dan dihilangkan kesulitannya, namun ketika kesulitan itu telah sirna dengan segera dia pun kembali kepada kebiasaan hidup semula dan melupakan Tuhan.

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan (QS. Yunus:12).


2. Bangga dan Sombong

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Dan jika Kami rasakan kepadanya kebahagiaan sesudah bencana yang menimpanya, niscaya dia akan berkata, "Telah hilang bencana itu dariku." Sesungguhnya dia sangat gembira lagi bangga (QS. Hud:10).

Pada ayat yang lain Allah Swt berfirman:

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia berkata, "Tuhanku telah memuliakanku." Namun apabila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata, "Tuhanku menghinakanku" (QS. al-Fajr:15-16).


3. Tidak bersyukur

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu Kami cabut darinya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih (QS. Hud:9).


4. Kikir dan Berkeluh-kesah

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Katakanlah, "Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya." Dan adalah manusia itu sangat kikir (QS. al-Isra:100).

Allah Swt juga berfirman:

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir (QS. al-Ma`arij:19-21).


5. Lemah

Allah Swt berfirman:

Dan manusia diciptakan lemah (QS. an-Nisa:28).


6. Melampaui Batas ketika Merasa Cukup

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup (QS. al-`Alaq:6-7).


7. Tergesa-gesa

Manusia terkadang memohon kejahatan dan bahaya, karena dia maujud yang tergesa-gesa.

Allah Swt berfirman:

Dan manusia memohon kejahatan sebagaimana dia memohon kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa (QS. al-Isra:11).

Pada ayat lain Allah Swt berfirman:

Manusia telah diciptakan (bertabiat) tergesa-gesa (QS. al-Anbiya:37).


8. Suka Membantah

Allah Swt berfirman:

Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam al-Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah(QS. al-Kahfi:54).


9. Zalim dan Tidak Bersyukur

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah) (QS. Ibrahim:34).


10. Bodoh

Allah Swt berfirman:

Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh (QS. al-Ahzab:72).


11. Tergoda Kesenangan Dunia

Allah Swt berfirman dalam al-Quran:

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (QS. Ali Imran:14).


Al-Quran berkata:

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya diri itu selalu menyuruh kepada keburukan, kecuali diri yang diberi rahmat oleh Tuhanku (QS. Yusuf:53).


SELAMAT MEMBACA..!! -hikmah hayat-

No comments:

Post a Comment