welcome..!! thank you for your goodness to visit my blog! don't forget to follow this site! and leave some words and your link..insha Allah I'll follow yours back..

tips Mengajar Banyak Murid






ditulis oleh Lianneke Gunawan dari berbagai sumber
Sebentar lagi sekolah dimulai dan untuk para rekan-rekan pengajar harus mempersiapkan diri untuk mengajar kelas dengan jumlah murid yang bervariasi. Kelas yang terdiri dari beberapa murid saja akan lebih mudah untuk diatur, sedangkan apabila murid berjumlah banyak, seorang guru harus mempersiapkan strategi agar materi yang diajarkan dapat diterima dan dimengerti oleh seluruh murid.
Pada saat tahun ajaran baru dimulai, cobalah untuk menumbuhkan dan menciptakan suatu sikap belajar yang baik di antara guru dengan murid. Jelaskan pula beberapa aturan yang jelas dan dapat dimengerti oleh murid, seperti:
  • Mereka harus belajar dalam suasana tenang.
    Berikan pengertian bahwa suasana belajar dan mengajar yang tenang akan membantu guru untuk dapat mengajar dengan baik dan murid mengerti pelajaran yang diajarkan.
  • Murid boleh berbicara, bicara dengan volume suara kecil; tidak menganggu proses belajar mengajar.
    Berikan pengertian bahwa disaat guru menerangkan, murid hendaknya mendengarkan. Namun apabila keadaan mendesak dan murid harus berbicara dengan teman sebelahnya, sebaiknya dilakukan dengan berbicara pelan.
  • Bagi murid yang sudah mengerjakan tugasnya, sibukkan mereka dengan membaca buku.
    Saat murid sudah selesai mengerjakan tugas kelasnya, berikan tugas lain kepada mereka seperti membaca buku. Dengan demikian mereka tidak akan mengganggu murid lain yang belum selesai.
  • Pergunakan suasana diluar kelas untuk menghindari kebosanan murid di dalam kelas.
    Kegiatan ini dapat dilakukan sekali-sekali agar kegiatan belajar menjadi tidak monoton. Caranya ajak sebagian murid keluar kelas dan ajarlah mereka di udara terbuka sedangkan sebagian murid lainnya tetap ada di kelas. Setelah beberapa saat lakukan hal ini bergantian dengan kelompok yang ada didalam kelas. Cara ini sebaiknya dibantu dengan asisten pengajar sehingga murid tetap terkontrol.
  • Manfaatkan belajar kelompok.
    Buatlah beberapa kelompok yang terdiri dari 5 sampai 8 murid. Tunjuk seorang ketua dalam masing-masing kelompok untuk bertanggungjawab atas kelompoknya. Dengan demikian dapat membantu guru memonitor situasi belajar mengajar.
Semoga tips diatas membantu dan seluruh tim Dunia Belajar mengucapkan "Selamat memulai tahun ajaran baru!"


sumber dari:

http://www.duniabelajar.com/guru-tips-lihat.php?id=21&kelas=14
SELAMAT MEMBACA..!! -hikmah hayat-

4 comments:

  1. wahh..nab...camne sekarang jd ustazah??dah gune ke tips2 ni semua?pelajar ok x?

    ReplyDelete
  2. waaahh,,,, tak tau nak habaq lagu mana,,, baru nak praktikkan tips nih,,,, haha,, budak2 tu kene garang cket baru nak dengar cakap,, kalau x kite pulak yang kene marah ngan deme balik,,, bile itu terjadi maka bergegarlah kelas tu,, aku buat,, heeeee,,,,

    ReplyDelete
  3. Assalamualikum.
    Tahniah buat ustazah muda. Berat mata memandang berat lagi bahu memikul. Bekerja dengan alat yang tidak bernyawa sebenarnya lebih mudah dari membentuk makhluk yang bernyawa. Itulah tugas warisan para Nabi dan Rasul. Itulah GURU.....

    ReplyDelete
  4. wsalam... time kasih cikgu...
    emm betul cakap cikgu..
    saya setuju..

    ReplyDelete